Selasa, 17 Agustus 2010

PeRayAAn HUT RI ke 65 Di LuaR NeGeRi


Sambut HUT RI, KBRI Sofia Gelar Turnamen Badminton dan Bowling di Bulgaria

Sebagaimana di tahun 2008 dan 2009, pada Sabtu pagi tanggal 7 Agustus 2010, Dubes RI, Immanuel Robert Inkiriwang, staff KBRI dan masyarakat Indonesia di Sofia, Dubes Iran dan staff kedubes China dan Amerika Serikat tampak dengan antusias berlaga di Stadion Badminton Zala Sofia di ibukota Bulgaria, Sofia, pada turnamen badminton dalam rangka menyambut Peringatan ke-65 Hari Proklamasi Kemerdekaan RI (HUT) RI. Turnamen tersebut diselenggarakan KBRI bekerjasama dengan Bulgarian Badminton Federation (BBF) dan dihadiri pula oleh Presiden BBF, Prof. Puzant Kassabian, dan Sekjen BBF, Volodya Zlatev.
Di partai putera, Du Chengliang (China) menempati urutan pertama, diikuti oleh Lukam Kurnia (Indonesia) serta Dubes RI dan Dena Alam yang sama-sama menempati urutan ketiga. Sedangkan di partai puteri yang semuanya dimenangkan staf KBRI dan masyarakat Indonesia tempat pertama diraih oleh Martivalen Putro, diikuti Puty Martabaya di tempat kedua serta Dian Pudjiyono dan Rianti binti Nur Aini di tempat ketiga.
Turnamen badminton tersebut diselenggarakan untuk ketiga kalinya sejak 2008. Atas inisiatif Dubes RI, turnamen badminton tahunan dalam rangka menyambut HUT RI dibuka pula bagi peserta dari kedubes-kedubes negara asing di Sofia guna lebih memeriahkan turnamen tersebut serta mendukung promosi Indonesia melalui badminton. Di tahun 2008 dan 2009, selain Dubes RI dan staff KBRI dan masyarakat Indonesia di Sofia, turut berpartisipasi pula beberapa Dubes dan staff Kedubes negara-negara asing di Sofia (Austria, Ceko, Perancis, Jerman, Hongaria, India, Jepang, Romania, Slovakia, Ukraina dan Vietnam).
Indonesia dipandang oleh Bulgaria sebagai negara besar dalam olah raga bulu tangkis. Menurut Presiden BBF, perkembangan bulu tangkis di Bulgaria turut didukung oleh para mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Bulgaria di masa lampau.
Selain badminton, KBRI Sofia juga menggelar turnamen bowling yang juga merupakan kelanjutan dari tradisi kemeriahan peringatan HUT RI di tahun-tahun sebelumnya. Turnamen bowling tersebut diselenggarakan di Mega Bowling Arena di Sofia pada tanggal 10 Agustus 2010 dan diikuti oleh Dubes RI, staf KBRI, masyarakat Indonesia di Sofia dan empat orang diplomat dari Kedubes Jepang. Di tahun 2008 dan 2009, selain Dubes RI dan staff KBRI dan masyarakat Indonesia di Sofia, turut berpartisipasi pula beberapa Dubes dan staff Kedubes negara-negara Asia lainnya (Jepang, Korea Utara dan India). 

Kemeriahan Rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan RI di New York

Sekurangnya 500 warga Indonesia yang tinggal di New York dan sekitarnya berkumpul dan memeriahkan acara puncak pertandingan olahraga yang diselenggarakan di Alley Pond Park, New York, pada hari Minggu, 8 Agustus 2010. Acara yang diadakan dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-65 ini berlangsung dengan meriah sejak dimulai pada pukul 10 pagi hingga berakhir pukul 8 malam.

Sebagai acara pembuka, seluruh peserta yang terdiri dari keluarga besar KJRI dan PTRI New York, Forum Perbankan Indonesia, Paguyuban Cakra, Kerukunan Keluarga Langowan New Jersey, Masjid Al Hikmah, Maesa, Minang Maimbau dan ratusan warga Indonesia lainnya melaksanakan upacara dengan mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengucapkan ikrar pertandingan secara khidmat.

Acara kemudian secara resmi dibuka oleh Acting Konsul Jenderal RI New York, Bambang Antarikso, dengan melakukan pemukulan bola voli dan tendangan sepak bola pertama yang disambut tepuk tangan meriah peserta upacara. Selanjutnya, tiga cabang olahraga yaitu bola voli (putra/putri), tarik tambang (putra/putri) dan sepakbola (putra) mulai dipertandingkan.

Kemeriahan juga terlihat pada lomba anak yang diikuti anak-anak usia 4-12 tahun. Secara antusias, mereka mengikuti berbagai perlombaan khas 17 Agustus seperti makan kerupuk, balap karung, memasukkan pensil ke dalam botol, sendok kelereng, menyusun kaleng, dan tarik tambang. Suhu udara yang cukup panas tidak menghalangi keceriaan anak-anak untuk mengikuti rangkaian lomba yang disiapkan panitia.

Selain mengadakan beragam pertandingan, KJRI New York juga menyelenggarakan dapur umum dengan menu khas tanah air yang laris diserbu pengunjung. Beberapa stand makanan juga disiapkan oleh Paguyuban Cakra, Masjid Al-Hikmah, FPI dan PTRI New York yang dapat dinikmati bersama-sama oleh warga.

Kegiatan pertandingan olahraga ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang. Sementara rangkaian pertandingan lainnya yang sudah dilaksanakan dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-65 ini adalah bowling (11/7), karaoke (17/7), bulutangkis (18/7), catur dan gaple (24/7), golf (25/7), dan tenis meja (31/7).

Bazaar dan Malam Gembira Hut RI Ke-65 di Houston

Sabtu, 7 Agustus 2010.  Sekitar 2,500 masyarakat Indonesia dan setempat yang berasal dari wilayah Houston dan sekitarnya hingga New Orleans, Louisiana  membanjiri lapangan parkir KJRI Houston yang dirubah menjadi area Bazaar dan Malam Gembira HUT RI Ke-65.

Acara ini merupakan acara tahunan KJRI Houston yang terselenggara atas kerjasama antara KJRI Houston, DWP KJRI Houston dan Perwakilan Masyarakat Indonesia.

Acara bazaar kali ini diikuti oleh sekitar 34 stand yang menyuguhkan beragam makanan dan minuman khas Indonesia, serta memamerkan produk busana dan kerajinan tangan tradisional, dan berbagai tawaran jasa dan produk lainnya. Beberapa organisasi dan perusahaan yang membuka stand antara lain Kelompok Katolik Indonesia Houston (KKIH), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia, International Full Gospel Church Houston, dan Maskapai Singapore Airlines. Sementara itu panggung gembira diisi dengan berbagai pertunjukan kesenian seperti musik, tari-tarian, instrumen musik daerah dan seni bela diri. Acara juga diselingi dengan acara pembagian piala pemenang pertandingan olah raga, pemberian piala untuk booth terbaik dan pembagian doorprizes.

Dalam sambutannya Prasetyo Budhi, KUAI KJRI Houston antara lain menyampaikan ajakannya  kepada segenap unsur masyarakat Indonesia untuk bersama-sama meningkatkan rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan, saling menghormati, dan tolong menolong. KUAI KJRI Houston juga menyampaikan kegembiraan dan kebanggaannya melihat partisipasi masyarakat Indonesia di Houston dalam menyambut Hari Ulang Tahun ke-65 Kemerdekaan RI melalui berbagai kegiatan pertandingan olahraga yang telah diselenggarakan dan pagelaran seni tari dan seni musik yang akan ditampilkan.

Acara bazaar dan malam gembira terus dipadati oleh pengunjung yang datang silih berganti hingga penutupan pada pukul 23.00 malam. Acara ditutup dengan penampilan Band Kibet dari Permias Houston yang memukau para penonton dengan berbagai tembang terkini seperti Kamulah Satu2nya, Use Somebody, Love Foolosophy, dan Tentang Kita.

Bazaar dan malam gembira ini mendapat sambutan yang hangat dari berbagai kelompok masyarakat Indonesia terlihat dari tingginya partisipasi mereka dalam mengisi dan menyaksikan acara malam gembira. Kehadiran para relasi, kerabat dari masyarakat Indonesia yang hadir juga semakin memeriahkan acara.


more info...


credit : http://www.deplu.go.id

0 komentar:

Poskan Komentar