Jumat, 13 Agustus 2010

MeRaWat KuKu AgaR MenAriK dAn SEhaT



Kendati ukuranya kecil, kuku berperan penting dalam aktivitas kita sehari-hari. Kuku berguna mulai dari menggaruk bagian tubuh yang gatal hingga menunjang penampilan kita. Untuk itu kita harus menjaga kebersihan serta keindahannya agar tetap terlihat menarik dan sehat. Berikut adalah beberapa tips merawat kuku yang baik dan benar:

1. Pastikan Kuku Selalu Lembab
Oleskan petroleum jelly pada kutikula dan kulit sekeliling kuku setiap malam sebelum tidur atau pada saat kuku terasa kering. Jika tidak ada petroleom jelly, Anda dapat menggantinya dengan minyak zaitun.

2. Gunakan Sarung Tangan Karet Saat Melakukan Pekerjaan Rumah

Saat berkebun, menyikat kamar mandi atau mencuci piring, sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan karet untuk melindungi kuku agar tidak rusak dan kotor terkena paparan zat kimia berbahaya.

3. Keringkan Kaki Setidaknya Dua Menit Setelah Terkena Air.

Tak hanya pada tangan, jari-jari kaki juga harus bebas dari air. Membiarkan kaki dalam kondisi lembab akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur. Karena itu, hindari menggunakan sepatu yang lembab dan berkeringat, sebab kondisi ini dapat memicu infeksi jamur. Gunakan juga kaus kaki berbahan dasar katun yang mampu menyerap keringat dan mencegah berkembangnya jamur.

4. Kikir Kuku dengan Benar

Hindari mengikir dengan gerakan maju-mundur, pastikan kita mengikirnya ke satu arah saja agar kuku tetap kuat. Selain itu, jangan mengikir kuku usai mandi atau usai bersentuhan dengan air, sebab kuku yang basah lebih rentan rusak. Lakukan juga pemijatan pada kuku, yang akan membantu melancarkan peredaran darah ke kuku, yang akan menstimulasi matriks pertumbuhan kuku kita.

5. Poleslah Kuku

Itu akan melindungi kuku kita. Jika ingin memilih cat kuku yang berwarna, gunakan base coat yang disambung dengan pengaplikasian dua kali ulasan tipis dengan kuteks berwarna. Selamat mencoba!


credit : liputan6.com

0 komentar:

Poskan Komentar