Jumat, 13 Agustus 2010

Tai Chi DaPat MeNjaGa KesEhaTan TuLanG




Beberapa peneliti di Amerika Serikat, belum lama ini menemukan bahwa seni bela diri tradisional Cina, Tai Chi dan Chikung, memberikan manfaat kesehatan yang signifikan bagi tubuh. Tai Chi adalah suatu bentuk yang lebih spesifik dari latihan yang berfokus pada serangkaian 24-108 gerakan. Sedangkan Chikung adalah istilah yang sangat umum untuk menggambarkan latihan yang meningkatkan aliran qi atau keseimbangan.

Seperti dilansir HealthDay, para peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Arizona dan Yayasan Inovasi Kesehatan meninjau 77 percobaan secara acak tentang bela diri Tai Chi atau Chikung yang diterbitkan antara 1993 dan 2007. Mereka melakukan penelitian terhadap total 6.410 peserta.

Tinjauan tersebut menyediakan dasar yang menjadi bukti kuat bahwa Tai Chi dan Chikung memberikan manfaat dalam hal menjaga kesehatan tulang, serta kebugaran jantung dan pernapasan, menjaga fungsi fisik dan keseimbangan, serta kualitas hidup. Manfaat lain yang didapatkan, yaitu pencegahan terhadap penyakit dan memberikan kesehatan mental.

"Kita melihat temuan ini sebagai penjelasan tentang pemahaman mendalam terhadap bela diri Chikung dan Tai Chi dengan menekankan pada gabungan seluruh bukti dari penelitian ini," kata asisten penulis Linda Larkey. "Tai Chi dan Chikung memiliki banyak manfaat kesehatan, karena itu harus dianggap sebagai prioritas utama ketika seseorang memilih untuk berlatih untuk berlatih Tahi Chi dan Chikung," kata Shin Lin, seorang profesor di Universitas California.


credit : liputan6.com

0 komentar:

Poskan Komentar