Selasa, 17 Agustus 2010

HUT RI Ke-65 MasYaRakaT DimiNta KiBarKan BeNdeRa SeLamA 5 HaRi

Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta diminta mengibarkan bendera Merah Putih selama lima hari pada 14-18 Agustus untuk menyambut dan memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-65 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Imbauan itu dituangkan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Surat Edaran Nomor 003/2346 tanggal 17 Juli 2010," kata Kepala Bagian Humas Biro Umum, Humas, dan Protokol Pemerintah Povinsi (Pemprov) DIY , Biwara Yuswantana di Yogyakarta, Minggu.

Dalam surat edaran itu, menurut Biwara Yuswantana, masyarakat serta instansi pemerintah dan swasta juga diimbau untuk mengadakan berbagai lomba, gerakan kebersihan, menghias lingkungan, dan pertunjukan kesenian rakyat.

"Namun, berhubung peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Republik Indonesia (RI) bersamaan dengan saatnya umat Islam menjalankan ibadah puasa, masyarakat diharapkan dapat menyesuaikan," kata Biwara Yuswantana.

Hal itu dimaksudkan agar momentum peringatan proklamasi kemerdekaan dapat dihayati dengan baik dan ibadah puasa juga dapat berjalan sebagaimana seharusnya. Penyelenggaraan acara peringatan proklamasi kemerdekaan diharapkan tidak mengganggu kegiatan ibadah di bulan suci Ramadhan.

"Gubernur (Sri Sultan Hamengku Buwono X, red) juga mengimbau masyarakat agar peringatan HUT Ke-65 Kemerdekaan RI dapat diselenggarakan dengan meriah dan khidmat, tetapi tetap diusahakan dalam batas kesederhanaan dan dapat membangkitkan semangat masyarakat DIY dalam membangun nilai-nilai persatuan, kesatuan, kerukunan, dan, kebersamaan," katanya.

Biwara mengatakan, rangkaian peringatan HUT ke-65 Kemerdekaan RI di DIY antara lain upacara penyematan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya pada 14 Agustus 2010, upacara penyerahan remisi di lembaga pemasyarakatan (16/8).

Selain itu, mendengarkan pidato kenegaraan presiden di hadapan DPR (16/8), upacara pengukuhan Paskibraka (16/8), malam tirakatan (16/8), apel kehormatan dan renungan suci (16/8).

Selanjutnya, upacara Detik-detik Proklamasi RI (17/8), upacara penurunan bendera (17/8), dan ramah tamah Gubernur DIY dengan Paskibraka (18/8). (B015/K004)


credit : www.antaranews.com

0 komentar:

Poskan Komentar