Jumat, 13 Agustus 2010

IniLaH KiaT BerPuaSa baGi PenDeriTa HipErTenSi

Berpuasa Ramadan menjadi kewajiban setiap muslim untuk menahan lapar, haus dan nafsu selama satu bulan penuh. Dari beberapa khasiat kesehatan, berpuasa juga bermanfaat menstabilkan tekanan darah penderita hipertensi dengan tetap menjalani pola hidup sehat. Berikut kiatnya:

Hasil penelitian terbaru sejumlah ilmuwan dari Universitas Khyber Medical College Pakistan menunjukkan penderita darah tinggi biasanya kesulitan mengontrol tekanan darah dalam kadar normal. Pola hidup serta mengonsumsi makan yang kurang baik menjadi salah satu penyebab. Terlebih, faktor bertambahnya usia (30 hingga 50 tahun) yang diikuti perubahan sistem jantung dan pembuluh darah juga menjadi pemicunya.

Peneliti Universitas Khyber mengatakan berpuasa dapat membantu "membersihkan" tubuh seseorang dari penyakit. Bahkan, kadar kolesterol dan gula darah 24 pasien hipertensi yang diteliti mengalami penurunan yang signifikan. Selain itu, penderita hipertensi juga diingatkan agar tetap mengatur pola hidup sehat serta menghindari mengonsumsi makananan berlemak dan produk makanan yang digoreng.

Secara rinci, para ilmuwan asal Pakistan berpesan pasien tetap bisa mengonsumsi asupan lemak asalkan bersumber dari produk nabati dan ikan. Sedangkan jika masih doyan makanan yang digoreng gunakanlah minyak zaitun yang berasal dari biji buah matahari. Namun, mereka menekankan agar penderita hipertensi "membatasi" asupan garam dan protein saat sahur maupun berbuka. Sebab, garam dan protein merupakan asupan "haram" bagi penderita hipertensi.


credit : liputan6.com

0 komentar:

Poskan Komentar