Jumat, 13 Agustus 2010

TipS SeHat Di PeSawaT


Liburan merupakan saat yang menyenangkan. Sebab, Anda bisa melepas segala kepenatan setelah banyak bekerja. Namun, bagi Anda yang berlibur dengan menggunakan perjalanan udara, pesawat bisa membawa risiko bagi kesehatan. Mulai dari penumpang di kursi sebelah yang bersin sampai makanan berminyak yang disediakan oleh maskapai penerbangan.

Perjalanan udara sering menimbulkan demam, kembung dan lain-lain. Untuk mengantisipasinya, ikuti tujuh petunjuk berikut supaya perjalanan anda menjadi menyenangkan.

1. Bawa makanan ringan sehat.

Buah kering dan kacang-kacangan tanpa garam yang dikemas dengan vitamin E merupakan makanan ringan yang tepat untuk menemani perjalanan anda.

2. Pilih makanan dengan bijak.

Bila Anda menempuh penerbangan jauh dan membutuhkan sarapan, makan siang, atau makan malam yang mengenyangkan, pilihlah makanan yang kaya serat dan protein. Sandwich kalkun merupakan pilihan bagus. Beberapa maskapai penerbangan biasanya menawarkan buah atau es krim yoghurt dan keju.

3. Jagalah kebersihan.

Cuci tangan Anda atau gunakan cairan pembersih tangan sebelum makan makanan ringan atau sandwich.

4. Banyak minum air.

Dehidrasi tidak hanya membuat Anda haus dan menjadi pemarah, tetapi juga bisa menimbulkan jet lag. Saat Anda kurang cairan, tingkat hormon stres Anda naik dan membuat Anda tetap terjaga. Selain mengonsumsi air selama penerbangan, konsumsi juga buah-buahan dan sayuran.

5. Udara dalam penerbangan bisa membuat kulit Anda kering

Sayangnya minum air tidak cukup membuat wajah Anda segar. Untuk itu cuci muka Anda dan gunakan pelembab di tengah perjalanan supaya kulit tampak bersinar saat turun dari pesawat.

6. Jangan lupa bawa krim tabir surya (sunscreen).

Menurut Ellen Marmur, M.D kepala ahli penyakit kulit dan bedah kosmetik Mount Sinai Hospital, New York, sinar ultraviolet (UV) lebih kuat pada tempat yang tinggi. Kebanyakan jendela kaca menghalangi sinar UVB (sinar ultraviolet yang tidak bisa menembus kaca) tetapi tidak menghalangi sinar UVA (sinar ultraviolet panjang yang bisa menembus kulit lebih dalam dari sinar UVB). Jendela berwarna tidak selalu memberi perlindungan sinar ultraviolet, jadi jangan lupa bawa tabir surya Anda.

7. Jangan memikirkan hal-hal kecil.

Bila penerbangan Anda mengalami penundaan atau ketidaknyamanan lain, cobalah untuk tetap santai. Saat Anda merasa kehilangan kesabaran, duduk tegak dengan kaki berada di lantai dan tarik nafas dalam-dalam.



credit : liputan6.com

0 komentar:

Poskan Komentar