Rabu, 04 Agustus 2010

BaDai MaTahAri



Masih belum jelas kerusakan alat komunikasi diakibatkan oleh badai matahari terbaru. Tapi peristiwa yang menimbulkan kembang api menakjubkan itu, lebih dari satu ledakan.
“Kembang api menakjubkan dihasilkan oleh matahari,” ujar ahli matahari Inggris Dr Lucie Green dari Mullard Space Science Laboratory di Surrey yang mengawasi api matahari tersebut menggunakan teleskop orbit Hinode Jepang.
“Peristiwa itu merupakan peristiwa langka di mana bukan hanya satu, melainkan hampir dua ledakan secara beruntun terjadi di tempat berbeda di matahari yang mengarah ke bumi".
“Ledakan ini terjadi saat struktur besar magnetik di atmosfir matahari kehilangan kestabilannya dan tidak mampu lagi menahan gravitasi matahari. Seperti sebuah gulungan pegas yang tiba-tiba dilepas, di mana mereka akan meledak di ruang angkasa.”
Dr Lucie menambahkan “tampaknya ledakan pertama ini sangat besar sehingga akan mengubah medan magnetik yang melalui setengah atmosfir matahari dan akan menimbulkan ledakan kedua.
Ledakan dapat langsung menuju bumi namun bisa juga dengan kecepatan berbeda. Hal itu bisa memberi kesempatan yang sangat baik untuk melihat efek utama dari ledakan ini, seperti aurora atau cahaya utara pada ketinggian yang rendah.
Juru bicara NASA belum bisa dimintai komentar.


credit : inilah.com

0 komentar:

Poskan Komentar