Sabtu, 04 September 2010

GuNuNg Seulawah Agam Naik Level Waspada

Gunung Seulawah Agam, salah satu dari tiga gunung api  tipe A ( aktif meletus) di Nanggroe Aceh Darussalam  naik statusnya sejak tanggal 1 September 2010. "Dinaikkan dari "Normal" (Level I) menjadi "Waspada" (Level II)," demikian disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG).
Meskipun secara visual aktivitas vulkanik gunung dengan ketinggian 1.726 meter itu tidak mengalami peningkatan yang signifikan, namun dari data kegempaan secara fluktuatif mengalami kecenderungan peningkatan.
Disampaikan PVMG, masa istirahat Gunung Seulawah Agam adalah 136 tahun dan terpanjang adalah 239 tahun. Erupsi terakhir terjadi pada kawah parasit pada 12-13 Januari 1839.
Sejumlah rekomendasi diberikan, masyarakat dan pengunjung tidak dibolehkan mendaki dan mendekati kawah hingga radius 3 kilometer dari kawah aktif.  "Masyarakat sekitar diharap tenang namun tetap waspada, tidak terpancing isu-isu gunung akan meletus."
Sebelumnya, masyarakat Indonesia dikagetkan oleh meletusnya Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Selatan. Gunung yang 'tidur' selama lebih dari 400 tahun, tiba-tiba menggeliat dan meletus.
Bahkan hari ini, Jumat 3 September 2010, pukul 10.30 WIB, Sinabung kembali meletus, untuk kali ketiganya. Abu menyembur sampai ketinggian 3.000 meter. Ini letusan terbesar.


credit : yahoo.com
            vivanews.com

0 komentar:

Poskan Komentar