Minggu, 19 September 2010

BeNarKah OLaHraGa TaK BiSa BikiN LanGsinG

Selama ini olahraga cenderung dikaitkan dengan aktivitas yang efektif untuk menurunkan berat badan. Tetapi, ternyata olahraga bukan cara terbaik mengurangi berat badan.
Penelitian menunjukkan, kita kurang aktif dibandingkan 20 tahun yang lalu. Ini berarti bahwa masalah obesitas muncul karena orang makan terlalu banyak, bukan karena kurang olahraga. Hal itu menurut Profesor Speakman, dari Aberdeen University, Inggris. Ia menganalisa dua dekade penelitian tentang pengeluaran energi.
Data dari Amerika Serikat dan Belanda menunjukan karena muncul ketergantungan pada teknologi untuk menghemat waktu, orang saat ini kurang aktif dibandingkan dengan 20 tahun lalu.
Faktor-faktor seperti menurunnya jumlah anak yang berjalan kaki ke sekolah dan terlalu banyak menonton TV atau bermain komputer juga berhubungan dengan meningkatnya berat badan, menurut International Journal of Obesity.
"Pada 1950-an tak seorang pun akan membeli sepeda dan membiarkannya saja di garasi, tetapi sekarang orang melakukannya," kata profesor Peakman.
Menurut peneliti, fungsi olahraga bukan untuk menurunkan berat badan, tetapi lebih pada keseimbangan hidup dan kesehatan. Jika memang mengontrol atau mengurangi berat badan, pola makanlah yang harus diubah menjadi tidak berlebihan.


credit : yahoo.com
            vivanews.com

0 komentar:

Poskan Komentar