Sabtu, 25 September 2010

Menlu: ObaMa ke IndOneSia AkHir 2010

Setelah sempat tertunda dua kali, Presiden Amerika Serikat Barack Obama kembali menjadwalkan untuk datang ke Indonesia. Jika tak ada halangan, Obama bakal berkunjung sebelum akhir 2010. Hal ini dikatakan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di New York, Amerika Serikat, Kamis atau Jumat (24/9) waktu Indonesia.
"Dalam pidato pembukaan Sidang Majelis Umum PBB tadi pagi, salah satu pernyataan Obama adalah mengumumkan rencana kunjungannya ke Indonesia dalam waktu dekat," kata Marty. Sekalipun Obama tak secara tegas mengatakan tanggal pasti kedatangan ke Indonesia, tapi dalam pemahama Menlu kunjungan tersebut akan dilakukan sebelum akhir 2010.
Marty menambahkan, rencana kunjungan Obama menunjukkan bahwa Indonesia tetap merupakan negara penting bagi AS sehingga masih menjadi prioritas untuk dikunjungi. "Kunjungan Obama ke Indonesia merupakan rangkaian kunjungan ke sejumlah wilayah termasuk ke India," kata Marty, seperti dikutip Antara.
Ditanya mengenai seberapa jauh keinginan dan kepastian Obama pasti akan datang ke Indonesia, Marty secara diplomatis mengatakan bahwa dirinya tidak dapat memastikan apakah rencana tersebut akan alami pembatalan lagi. "Dalam beberapa bulan ini tidak tahu apa yang akan terjadi mendatang, sehingga rencana bisa saja kembali tidak sesuai rencana. Tapi kami tetap mempersiapkan rencana kedatangannya," ujar Menlu.
Kunjungan Obama ke Indonesia sudah dua kali mengalami pembatalan, yakni tanggal 23 Maret 2010 yang saat itu disebabkan masalah alam negeri AS soal rencana pengesahan Rancangan UU Kesehatan. Kedua adalah tanggal 13-19 Juni 2010 dalam rangkaian perjalanan ke Australia juga, disebabkan masalah krisis lingkungan di Pantai Lousiana akibat tumpahan minyak di Teluk Meksiko.


credit : yahoo.com
             liputan6.com

0 komentar:

Poskan Komentar