Selasa, 07 Desember 2010

BeRagaM CaRa MerAyaKan SaTu MuHaraM

 

Tahun Baru Islam 1 Muharam 1432 Hijriah dirayakan oleh warga dengan berbagai cara di Tanah Air. Di Kediri, Jawa Timur, misalnya. Ratusan warga berebut gunungan untuk memperingatinya. Mereka percaya jika mendapatkan bagian dari gunungan itu, berkah pun akan melimpah. Empat gunungan dan sejumlah pusaka dikirab keliling disertai kesenian reog dan jaran.
Di lapangan area puncak Suroloyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, ratusan warga juga berkumpul untuk memperebutkan dua gunungan Suroloyo. Sama seperti di Kediri, acara ini juga diawali dengan kirab dua pusaka berupa tombak dan payung pemberian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.
Sementara di Merauke, Papua, ribuan muslim pawai mengelilingi kota dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam. Acara itu dilakukan selepas melaksanakan salat subuh di Masjid Raya Al-Aqsa. Ini adalah kali pertama kegiatan seperti ini digelar di kota paling timur di Indonesia.
Di Kota Manokwari, Papua Barat, ribuan warga juga merayakan Satu Muharam dengan mengikuti jalan santai. Kegiatan ini diselenggarakan Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk meningkatkan hubungan yang harmonis antarumat beragama di Manokwari.

credit : yahoo.com
             liputan6.com

0 komentar:

Poskan Komentar