Senin, 20 Desember 2010

AngKatAn DaRaT KoRseL MiLiki JenDeraL WaniTa PerTamA

Angkatan Darat Korea Selatan memiliki tentara wanita pertama yang berpangkat Jenderal pada Kamis ketika seorang tentara wanita menerima kenaikan pangkatnya, kata Kementerian Pertahanan Korsel.
Kolonel Angkatan Darat Song Myung-soon dari kesatuan Kepala Staf Gabungan dinaikkan pangkatnya menjadi Brigadir Jenderal, menurut kementerian itu.

Militer Korsel pernah memiliki lima Jenderal sejak 2001, namun semuanya berasal dari korps perawat.
"Selama bertahun-tahun banyak senior saya yang bekerja keras untuk peningkatan kekuatan wanita dan kini akan ada lebih banyak kesempatan bagi sekitar 5.000 prajurit wanita di militer," kata Song kepada wartawan.

"Saya rasa promosi kenaikan pangkat ini adalah penghargaan bagi wanita lain yang akan menempuh jalan menuju kesuksesan dan terhadap upaya keras mereka," katanya.
Song yang berusia 52 tahun pernah ditugaskan di Korps Wanita Angkatan Darat pada 1981 setelah ia lulus dari Universitas Yeungnam dengan gelar sarjana di ilmu politik dan hubungan internasional, ia juga memiliki gelar di bidang keamanan nasional dari Universitas Kyonggi.

Ia kemudian mengabdi sebagai komandan pasukan khusus dan komandan batalion di Korps Wanita Angkatan Darat serta pernah menjalani karir di Komando Pasukan Gabungan.
Wanita pertama yang menjadi perwira tinggi berpangkat jenderal di Korea Selatan adalah Brigjen Yang Seung-sook, mantan Kepala Akademi Keperawatan Angkatan Bersenjata yang naik pangkat pada 2001 hingga kemudian pensiun pada 2004.

"Masih banyak wilayah bagi wanita untuk melatih kemampuannya di zaman pertempuran modern saat ini," kata Song. "Saya percaya bahwa wanita berseragam tidak hanya memiliki peran di tanah airnya sendiri namun juga di luar negeri," katanya.
"Pergantian jabatan hari ini adalah titik balik di dunia militer, saya rasa militer akan lebih mempertimbangkan untuk mempekerjakan tentara wanita di posisi yang tepat untuk menciptakan sinergi," kata Song.

credit : yahoo.co.id
            antara.com

0 komentar:

Posting Komentar