Senin, 25 Oktober 2010

IndRo WaRkoP : BukAn BioGraFi WaRkoP

                    Indro Warkop
Foto: Anto
Indro WARKOP
Siapa yang tidak kenal dengan Warkop DKI sebuah grup lawak yang sangat legendaris ini. Berawal dari sebuah acara radio hingga berkembang ke dunia seni peran dengan lawakan serta banyolannya yang sangat menghibur. Mungkin pantas bagi mereka bila diabadikan perjalananya dalam sebuah buku biografi untuk mengkilas balik perjalanan Warkop DKI dari awal hingga sekarang.
Ketika ditemui di acara Grand Final Indonesia Mencari Bakat di Gedung Trans TV, Jakarta Selatan Minggu (24/10) Indro Warkop menjelaskan bahwa dirinya tidak membuat buku biografi tentang Warkop DKI melainkan buku yang berisi seperti apa Warkop itu sendiri.
"Berisi seperti apa Warkop di peran seni budaya dan peran Warkop sebagai katakanlah sebagai orang yang membela masyarakat banyak," terangnya.
Penulisan dalam buku ini dikerjakan oleh seorang penulis yang bernama Rudi Badil Novi Ftiranto yang juga mantan anggota Warkop angkatan pertama. Rudi mengajak Indro melalui telepon untuk membuat sebuah buku mengenai Warkop.

Alasan Indro menyetujui ajakan Rudi Badil karena menurutnya Warkop mempunyai andil dalam dunia budaya namun tidak jelas secara rinci. Dan melalui buku ini menjelaskan lawakan Warkop yang akrab dengan isu yang terjadi pada masa itu baik dari olahraga hingga ke politik.
"Warkop membuat subkultur dalam dunia budaya namun tidak eksplisit, karena kita tidak bikin buku pelajaran. Bukan juga Biografi, namun bukunya syarat dengan Warkop, termasuk karya-karya Warkop yang memparodikan sebuah berita dari olahrga ke politik, Kita masukin sedikit yang tidak tematik dan berhubungan dengan waktu. Kegiatan Warkop yang lain, seperti kegiatan di luar Warkop DKI," paparnya.

Tak hanya itu, di buku ini nantinya juga akan menampilkan orang yang mempunyai andil di Warkop sendiri dan sejarah mengenai Warkop.
"Kita ada sejarah cerita santai tentang berdirinya Warkop, perjalanan mungkin, tapi bukan perjalanan secara garis besar Warkop. ada karya-karyanya dari teman-teman warkop seperti Budi Harto Sanbasi, Denny Sakri, Mohammad Sobari dan Suryoko, pendiri pertama Aquarius," urai Indro yang kala itu bayarannya mengalahkan Alm Chrisye dan Good Bless.
Buku ini nantinya akan di rilis 10 November. Indro memberikan bocoran bahwa nantinya di buku ini akan diberi bonus CD.
"Nanti akan ditempelin cd warkop pertama dan kedua. Kaset yang tahun 78 masih di radio," pungkasnya.
credit : yahoo.com
            kapanlagi.com

0 komentar:

Poskan Komentar