Senin, 04 Oktober 2010

MakAnaN HeRbaL SaHabaT PeruT


Jadikan makananmu sebagai obat. Kata-kata tabib Yunani kuno bernama Hippocrates itu begitu populer di dunia kesehatan. Pesan itulah yang kemudian mendorong para ilmuwan mencari tahu manfaat makanan bagi kesehatan tubuh.
Berikut sejumlah makanan herbal yang bermanfaat untuk sistem pencernaan, seperti dikutip dari laman Times of India.

Jahe
Jahe mengandung gingerol aktif. Kandungan yang membuat rasa jahe panas, pedas, inilah yang bermanfaat untuk memberikan efek penyembuhan. Jahe sering digunakan untuk terapi kesehatan, yang bekerja pada sistem pencernaan dengan mendorong sekresi enzim pencernaan.
Adas (Fennel)
Adas mengandung anethole. Kandungan ini mampu merangsang sekresi cairan pencernaan dan lambung. Adas juga mengandung asam aspartat, yang bertindak sebagai zat antikembung. Tidak heran, jika kemudian banyak orang memiliki kebiasaan mengunyah biji adas setelah makan. Adas cukup populer disebut 'after mint'.

Yoghurt
Yoghurt mengandung probiotik yang memberi manfaat positif untuk sejumlah aktivitas di dalam usus, seperti memproduksi laktase, membunuh bakteri berbahaya, dan meningkatkan fungsi saluran pencernaan.

Fenugreek
Daun dan biji Fenugreek membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti meredakan sembelit dan mengatasi perut kembung. Memakan biji Fenugreek yang telah direndam semalam dikata cukup ampuh mengatasi gangguan pencernaan.

Daun Mint
Tanaman herbal ini juga banyak dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan seperti perut mulas, dan perut kembung. Selain mengobati mual, daun mint bermanfaat merangsang nafsu makan dan meredakan sakit kepala. Teh peppermint juga dapat membantu menenangkan tenggorokan kering.

Daun salam
Selain sebagai penyedap masakan, tanaman herbal ini sering dimanfaatkan untuk mengobati migren, dan meredakan stres. Di samping itu, daun salam juga bermanfaat melancarkan sistem pencernaan dan membantu sistem pembuangan racun tubuh.


credit : yahoo.com
             vivanews.com

0 komentar:

Poskan Komentar